Share Your Words to the World

Business Simulation, the best (the beast?) I had… Mmmuacht!

Posted on: Januari 21, 2009

Akhirnya, gwa berhasil membebaskan diri dari kutukan angka2, jurnal2, neraca2, dan rasa was2 antara “balance atau ga nih hasilnya!”

Yups!

Laporan keuangan ini memang menggila, dan membuat orang yang mengerjakannya jadi gila, (khusus buat gwa mungkin tambah gila)

Berhubung sebentar lagi masa-masa kuliah juga bakal kelar, jadi akan gwa ingat pengalaman “menggila” ini sepanjang hidup gwa. Hahahahaha!

Laporan ini salah satu tugas akhir (pengganti UAS) dalam mata kuliah BUSINESS SIMULATION atau bahasa kitanya mah “maen bisnis2an”. Yang mana kita memang dituntut untuk jadi pembisnis betulan.

Kita, satu kelas dibagi jadi 6 kelompok, yang terdiri dari 3 kelompok PT (yang mana ‘kebetulan’ orang2nya kompeten semua) dan 3 kelompok lagi jadi TOSERBA (yang mana ‘kebetulan’ orang2nya pemalas semua) nasib emang kadang ga adil meeennnnn….

Cara maen simulasi ini, kita dikasih modul yang menceritakan kejadian2 yang terjadi yang saling berhubungan antara Bank (termasuk instansi lain, misalnya perpajakan, perusahaan air, telpon, listrik dll) – ProdusenAgen (PT)Retailer (Toserba)Konsumen Kredit (Hotel)Konsumen akhir (penjualan tunai)

Khusus untuk Bank, produsen, hotel dan pemegang saham, dimainkan oleh dosen.

Nah kita, sebagai agen (PT) dan retailer (TOSERBA). Menjalankan semua ‘cerita’ dalam modul itu dengan sebenar-benarnya, mirip seperti keadaan sebenarnya di dunia kerja (tapi menurut gwa mah kadang lebay , hehe)

Kita dikasih fasilitas di kantor (dalam satu ruangan yang didesain seperti kantor, lengkap dengan kamera pengintai yang bikin kita susah main2, ngobrol, “makan” (tapi lama kelamaan tuh kamera pengintai ga dianggap ma kita, haha) telpon, internet (yang lemot abiz!), computer, printer , pencacah kertas (apa gitu namanya lupa) dan alat ini alat itu banyak lah!) dan semua pemain wajib pisan berseragam lengkap (ga pake blazer hukumannya ada di manajer, pas gwa jadi menejer mah hukumannya push-up dan dikasih SP plus, kurangin jam kerja!)

Ps: sepatu dilepas di luar, soalnya bersih pisan tau, pake karpet dan ga ada kotor!

Yaiyalah, tiap abis kerja di situ, kita harus beresin seberes bersenya, serapih-rapihnya, sebersih-bersihnya (kertas secuil aja wajub pungut!)

Peraturannya adalah, lu wajib memahami semua mata kuliah dari smester awal sampe smester 5.

Misal:

Untuk saling berhubungan dengan menggunakan pesan tertulis, kita wajib ngerti dan bisa mengaplikasikan KORESPONDENSI dengan tepat.

Untuk menghitung keuangan otomatis lu wajib paham akuntansi

Untuk mengurus file perusahaan lu mesti ngerti Filing system

Untuk mengadakan meeting, bikin itinerary, memo, petty cash lu harus menguasai administrtasi perkantoran

Untuk berinteraksi dan mengatur manajerial kantor, lu wajib menguasai manajemen kantor

Dan lain-lain, yang pasti untuk main di ‘permainan’ ini lu wajib fasih bahasa Inggris verbal dan non verbal. Kan ceritanya perusahaan Internasional…

Satu kelompok, dibagi berdasarkan jabatan dan punya job description dan job specification nya masing-masing.

Misal, gwa pas smester awal, dapet bagian sebagai “MANAGER” (which is, belakangan diketahui kalo jabatan ini dihindari sama anak2, karna selain kerjaannya musingin, tanggung jawabnya besar dan peluang dapat nilai bagusnya kecil. Sial!)

MANAGER punya tanggung jawab sama atasan (dalam hal ini dosen jadi direktur, selain jadi share holder) kalo kerjaan anak buah ga beres, manager dapat jatah sial, ditegur atasan!

Tiap bulan kita bikin laporan “monthly report” semacam executive summary lah tapi tebel gila dan harus dikuasai soalnya bakal dipertanggung jawabkan dalam RUPS.

RUPS. Rapat Umum Pemegang Saham.

Kita yang punya perusahaan, dipimpin manager, mempresentasikan semua laporan yang udah kita susun, di depan semua share holder.

Rapatnya rapat beneran lho, harus ada ini itu ini itu, yang paling enak ada konsumsi (note: disediakan oleh yang mau presentasi, makanya presentasi RUPS mahal!)

RUPS diadakan dua kali, pas UTS dan UAS.

Setelah RUPS pertama, perusahaan melakukan rotasi jabatan. Gwa yang asalnya MANAGER dirotasi jadi Finance.

Finance: jabatan paling negmer, tapi potensi ke nilainya bagus (cenah).

Yuk!

Yang jelas, emang laporan si finance ini yang paling lama mikirnya, paling ribet bikin laporannya, paling bias bikin otak setressss…

Overall, gwa sudah bisa melewati kecemasan akan laporan itu, karena tadi tepat pukul 22.00 WIB gwa berhasil membalancekan rekonsiliasi dan trial balance nya! Yesss!!!!

Bener ga nya, tau deh! Yang penting balance, yang penting kelar!

RUPS terakhir menanti di hari Kamis, terakhir gwa bermain di simulasi, terakhir gwa presentasi di semester ini, dan di perkuliahan ini…

Ko gwa jadi sedih…..

Semangat kawan2 TOSERBA SITI NURBAYA! (katanya perusahaan internasional, tapi namanya Nasionalisme banget! LOVE INDONESIA! LOVE TOSERBA SITI NURBAYA!)

Tag: ,

1 Response to "Business Simulation, the best (the beast?) I had… Mmmuacht!"

Kak boleh mintak tolong. Data yang laporan keuangan tentang toserba suti nurbaya neraca lajurnya Dan laporan lava ruginya gmn. Pleas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

skarang tanggal brapa cuy?

Januari 2009
S S R K J S M
« Des   Feb »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Kategori, dulz ^_~

sepak terjang gwa sebagai blogger, (HWADEZIG!)

eksis

  • Tak ada

ANGGOTA MAFIA

  • 217,396 ORANG

on line… on line… on line… on line…

Twitter guweh….

  • @gevirucha tp penulis'a g lussssuuuhhhh dan eennnggggaaakk tua, iyukk, catet.. Btw thx y..(^o^)v 2 years ago
  • @intanLM Aku pun bertanya2 nak, kapan novel selanjut'a bisa terbit??? Tp gmn bs terbit, ditulis aja belum.. Hwadezig bgt dah!(^o^)v 3 years ago
  • @AetadaAsashi nah... Coba cek di @GagasMedia. Barangkali bisa bantu..(^o^)v 3 years ago
  • @AetadaAsashi nak, sperti'a km keliling d toko buku di tempat "cara cepat & hemat memelihara sapi ternak" pantes buku'a g ada..(^o^)v 3 years ago
  • Tanya: "Rin, bikin path napa!". Jawab: "ntar kl anak saia udh lahir ta bikinin path..." Hohoho(^o^)v 3 years ago
  • Hanya bersama dede utun yg semakin lincah menendang2.. Pertama: dy ngajak main. Kedua: dy lapar.. Obaiklah..(^o^)v 3 years ago
  • Yes as always... Tiap kali pertama di suatu tempat selalu: ga bisa tidur..(^o^)v 3 years ago

Ini tentang Arin ajah!

Click to view my Personality Profile page

Kuissssss, yang bisa berarti temen arin…

yang nyorat nyoret blog inih :)

POLING! POLING!

%d blogger menyukai ini: